Read more »

VPS

    VPS adalah sebuah server fisik yang dibagi menjadi beberapa virtual server, dimana masing – masing virtual server yang dapat diinstall OS sendiri

  • Fungsi VPS
  1. Server Website (Web Hosting) : digunakan untuk mengeksekusi halaman website atau disebut juga sebagai layanan web hosting. Pengguna akan menggunakan VPS di saat layanan mereka membutuhkan resource yang lebih tinggi. Biasanya sampai melewati batas penggunaan resource sehingga layanan hosting tidak dapat memenuhi permintaan. Sebagian besar pengguna yang menggunakan VPS adalah para developer yang memiliki klien atau perusahaan dengan load tinggi
  2. Sebagai file hosting :  VPS juga menyimpan file-file pribadi agar dapat diakses menggunakan jaringan internet di mana saja. Sebagian besar file hosting diperbolehkan pada layanan VPS saja dan tidak diizinkan pada layanan hosting karena hanya akan membebani server dan tentu saja mengganggu pengguna lain. 
  3. Layanan VPN :  VPN adalah sambungan koneksi pribadi dan hanya bisa digunakan oleh pengguna terdaftar yang memiliki username dan password untuk melakukan sambungan. VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antarperangkat.
  • Cara kerja VPS : Cara Kerja Web ServerVPS dimulai dari server fisik berupa komputer yang divirtualisasi. Di server inilah tempat di mana kamu dan seluruh user lain menyimpan file dan database yang dibutuhkan untuk website.Nantinya, browser yang digunakan oleh user akan mengirimkan sebuah permintaan kepada server, Server akan melayani user sesuai permintaan untuk kemudian server mentransfer file yang diinginkan ke pengunjung melalui jaringan komputerPada saat proses menerima dan mengirimkan servis itulah VPS bekerja. Jadi VPS tugasnya yaitu menerima dan mengirimkan service kepada user. Disini pengguna akan mendapatkan respons dari VPS yang mana berkaitan langsung dengan server dan memberikan file yang diminta tersebut melalui jaringan komputer/internet. VPS berguna sebagai peniru server fisik yang bersifat pribadi dan tidak terpengaruhi oleh pengguna VPS lain dalam satu server fisik.
  • Kelebihan VPS : performa lebih baik dari shared hosting, privasi lebih terjamin, memiliki ip publik khussus.
  • Kekurangan VPS : harga mahal, harus mengerti tentang sysadmin, tidak cocok umtuk pemula, instalasi dan management lebih rumit.
  • Prinsip dasar VPS
  1. VPS bekerja seperti sebuah server yang terpisah.
  2. VPS memiliki processor, users, files dan menyediakan full root access.
  3. Setiap VPS memiliki IP address, port number, tables, filtering dan routing rules sendiri.
  4. VPS dapat melakukan configurasi file untuk sistem dan aplikasi software.
  5. setiap VPS dapat memiliki system libraries atau mengubah menjadi salah satu system libraries yang lain.
  6. Setiap VPS dapat delet, add, modify file apa saja, termasuk file yang ada didalam root, dan menginstall software aplikasi sendiri atau mengkonfigurasi root application software.
    • Konfigurasi VPS

    1. Menu pada Panel VPS

    Untuk mengakses VPS, cek my.domainesia.com. Silahkan klik menu Services pada bagian sebelah kiri. Pada Menu Services,Untuk layanan VPS, berada pada kolom VM. Untuk mengakses panel VPS, silahkan klik hostname tersebut.

    Kemudian akan diarahkan ke halaman panel VPS. Terdapat 3 tab yang bisa anda pilih. Tab Overview, Upgrade dan Billing.

    2.Tab Overview

    Panel ini hanya digunakan untuk mempermudah anda dalam mengelola apa saja yang ingin diinstall di VPS, melihat log, memonitor server, mengubah hostname dan password, melihat bandwidth, status server, serta grafik download dan upload.

    3. Tab Upgrade

    Berfungsi apabila anda ingin melakukan upgrade VPS.

    4. Tab Billing

    Berfungsi untuk mengetahui tanggal kadaluarsa, masa aktif VPS berserta total yang dibayarkan pada saat order. Untuk melakukan upgrade VPS, bisa juga langsung klik Upgrade.

  • Konfigurasi VPS linux untuk web hosting
  • Install Apache

    apt-get install apache2

    Lalu buka browser masukan alamat ip vps anda, jika menampilkan halaman “its Work” , sampai saat ini kita sudah berhasil menginstall apache2.

    Install MySQL

    apt-get install mysql-server mysql-client

    Nanti akan diminta masukkan password for root.
    dan ulangi lagi

    Install PHP

    apt-get install php5 libapache2-mod-php5

    Sekarang kita akan mencoba melakukan tes pada php yang baru saja diinstall.
    masuk ke direktory html nya, kalau saya berada di /var/www ,
    setiap distro biasanya mempunyai letak yang berbeda-beda kalau diubuntu berada di /var/www/html/

    buat file bernama phpinfo.php

    nano phpinfo.php

    jika anda belum menginstall editor nano. install dengan cara:

    apt-get install nano

    Lalu masukkan kode dibawah ini

    <?php phpinfo(); ?>

    keluar dan save.
    sekarang kita buka http://ipaddress/phpinfo.php.
    jika tampil gambar seperti dibawah ini  iti artinya anda sudah berhasil menginstall php pada server anda.

    Agar MySQL support PHP 5

    apt-get install php5-mysql php5-curl php5-gd php5-idn php-pear php5-imagick php5-imap php5-mcrypt php5-memcache php5-ming php5-ps php5-pspell php5-recode php5-snmp php5-sqlite php5-tidy php5-xmlrpc php5-xsl

    Restart Apache

    Service apache2 restart

    Install PHPMyAdmin

    apt-get install phpmyadmin

    Secara default phpmyadmin terinstall di /usr/share oleh karena itu kita perlu memindahkan/mengcopy ke direktory agar bisa kita akses melalui http://ipaddres/phpmyadmin. kita gunakan cara mudahnya saja.

    cp -r /usr/share/phpmyadmin /var/www/

    Sampai pada tahap ini kita sudah siap menjadikan vps digunakan untuk web hosting. Silahkan upload aplikasi anda pada direktori /var/www.


SEKIAN DAN TERIMAKASIH